Cara Copy File Besar Jadi Lebih Cepat

 cara copy file besar jadi lebih cepat

KLUBSERU.COM - Cara Copy File Besar Jadi Lebih Cepat - Tidak diragukan lagi bahwa Anda sering menyalin file yang bergiga- giga bahkan sampai 1 TB ke laptop Anda, baik itu file pekerjaan, video, gambar atau file lainnya. Jika file yang disalin berukuran besar, Anda pasti akan merasa bosan karena semakin besar ukuran file, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses penyalinan file. terkadang kita tidak punya waktu untuk menunggu file selesai disalin.

Cara Copy File Besar Jadi Lebih Cepat

Pada artikel kali ini penulis akan membagikan kepada anda tips mengcopy file berukuran besar ke laptop anda agar cepat bekerja, sehingga anda tidak perlu menunggu proses copy selesai.Simak Solusi Copy File Besar Jadi Lebih Cepat di bawah ini.

1. Menggunakan aplikasi TeraCopy

Aplikasi teracopy mempercepat penyalinan file berukuran besar, untuk mempercepat penyalinan file berukuran besar, kita dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga. Salah satu yang terbaik adalah TeraCopy. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis. Kemudian klik menu Download, setelah download selesai akan ada file instalasi "teracopy.exe".

Jalankan file untuk instalasi dan ikuti petunjuknya sampai selesai.
Menggunakan aplikasi TeraCopy cukup sederhana, untuk proses copy bisa menggunakan fungsi drag and drop, sehingga proses copy dilakukan seperti di Windows Explorer. Setiap kali Anda menyalin file, sebuah pop-up akan muncul untuk memberi tahu Anda apakah akan menyalin atau menggunakan TeraCopy. Untuk menyalin file besar, Anda perlu menggunakan aplikasi ini karena menyalin lebih cepat.

2. Format disk dalam format NTFS

Pada sistem operasi Windows, kita mengenal format disk FAT32 dan NTFS. Secara singkat, FAT32 adalah metode untuk mengidentifikasi cluster data dengan format 32-bit, kelebihan FAT32 adalah dapat kompatibel dengan banyak sistem operasi, tetapi kelemahannya cukup terlihat bagi mereka yang ingin menyalin file besar.

Format FAT32 ini tidak dapat menyalin file yang lebih besar dari 4 GB dan transfer data lebih lambat dari NTFS.
Berbeda dengan format disk NTFS, format ini dapat menyalin file tanpa batasan ukuran file dan proses penyalinan lebih cepat. Untuk sistem operasi Windows, secara default menggunakan format NTFS.

Jika Anda menyalin file besar ke flash disk atau hard drive eksternal dan Anda merasa proses penyalinan sangat lambat, Anda perlu memeriksa format disk terlebih dahulu, format disk mungkin selalu menggunakan FAT32. Untuk mengubah format disk dari FAT32 ke NTFS, Anda harus memformat ulang terlebih dahulu, jadi Anda perlu mencadangkan file ke disk dan kemudian memformat ulang disk.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memformat drive ke NTFS.

  • Klik kanan pada flash drive atau hard drive eksternal
  • Pilih menu Format
  • Akan muncult menu drop down yang mengatakan Sistem file dengan opsi format berbeda FAT32, NTFS, exFAT. Kemudian pilih NTFS
  • Centang pada menu Quick Format
  • Kemudian klik tombol start dan tunggu hingga proses selesai

Catatan : Memformat flashdisk ke NTFS dapat menghapus semua data

Setelah proses format selesai, anda bisa mengecek apakah harddisk anda sudah di convert ke NTFS atau belum. lalu lanjutkan untuk meng-copy file besar. coba rasakan perbedaan kecepatan proses copy file, dibandingkan sebelum disk masih FAT32.

3. Ubah pengaturan USB ke "Best performance"

Pengaturan flash disk dengan kinerja yang lebih baik untuk mempercepat penyalinan file besar
Pengaturan flash disk default menggunakan "Quick erase", artinya Anda dapat mengeluarkan live flash disk tanpa menjalankan "Safely Remove Perintah Perangkat Keras dan Keluarkan Media".

Pilihan lain yang dapat Anda pilih adalah "best performance", yang memungkinkan cache tulis (data sementara) pada flashdisk. Sehingga hal ini dapat mempercepat proses penyalinan file berukuran besar. Untuk mengubah pengaturan USB ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Masukkan USB flash drive ke laptop atau PC Anda
  • Buka Windows Explorer dan klik kanan pada flash drive
  • Pilih Properties dan klik pada tab Hardware
  • Pilih nama USB flash drive Anda , dan klik Properties
  • Klik Change Settings dan pilih tab Policy
  • Selanjutnya, ubah pengaturan Quick Erase ke best performance

Dengan mengubah pengaturan flash diskke best performance, Tentunya  menyalin file besar lebih cepat, tetapi ada satu hal yang perlu diingat jangan mencabut flash drive sembarangan, kita harus terlebih dahulu menjalankan perintah Remove Hardware safely dan mengeluarkan flash disk media dengan aman, jika tidak berisiko kehilangan data atau file menjadi corupt.

4. Migrasi hard drive ke SSD

Hard drive SSD mempercepat penyalinan data besar, cara paling efektif untuk meningkatkan kinerja saat menyalin file besar adalah dengan mengganti hard drive dengan solid state (SSD) Drive). SSD memiliki keunggulan kecepatan transfer data 4 kali lebih cepat dibandingkan harddisk konvensional, memiliki daya tahan lebih tinggi, tidak berisik saat menyalin data.

Demikian hal-hal yang dapat kita lakukan untuk mempercepat proses penyalinan data file berukuran besar, semoga dapat bermanfaat bagi semua semunya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama